Jumat, 20 Mei 2016

AGAR SAMPAH TAK LAGI JADI MASALAH
oleh:
Elin Karim
Gambar: sampah yang berserakan di trotoar jalan menuju pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya


Sampah-sampah yang mengunung dan berserakan disembarang tempat seperti Gambar di atas, mungkin  adalah salah satu pemandangan yang sering kita jumpai teutama di kota-kota besar. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarang tempat, seperti di pinggir jalan bakhan di sungai. Padahal sampah yang dibuang disembarang tempat dapat menimbulkan masalah pencemaran lingkungan bahkan bencana seperti banjir.

Sampah memang sering kali menjadi masalah terutama di Kota yang penduduknya padat. Hal ini terjadi karena produksi sampah perhari yang sangat banyak tidak dibarengi dengan pengelolaan sampah yang baik. Di Kota Tasikmalaya misalnya, produksi sampah di kota Tasikmalaya termasuk besar, sampah ini dihasilkan dari limbah pasar, pabrik, rumah tangga, dan lain-lain. Produksi sampah yang besar itu belum di imbangi dengan pengelolaan yang baik. Sebagai contoh, truk pengangkut sampah di kota Tasikmalaya yang masih kurang, sehingga sampah-sampah mengunung di sembarang tempat dan menimbulkan pemandangan yang kurang sedap. Jika hal itu dibiarkan terus menerus dikhawatirkan akan menimbulkan masalah yang lebih besar seperti pencemaran lingkungan.

Agar sampah tidak lagi menjadi masalah, maka diperlukan kerjasama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Penanggulangan masalah sampah bisa dilakukan dengan cara pencegahan dan pengolahan. Dalam hal pencegahan bisa dilakukan pemerintah dengan cara mengeluarkan Perpu atau Perda yang mengatur tentang sampah atau dengan cara melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang dampak dan bahaya membuang sampah sembarangan. Sedangkan pengolahan sampah bisa dimulai dengan pendekatan 3 R yaitu: Reduce (mengurangi sampah), Reuse (memakai kembali barang bekas yang masih layak pakai), recycle (mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat). Jika sampah dikelola dan diolah dengan benar, maka sampah tak akan lagi menjadi masalah.
00.45   Posted by KELOMPOK 8 STAI PG CIAMIS with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Search