Kamis, 19 Mei 2016

UANG SEBAGAI ALAT TRANSAKSI PEMBAYARAN, TUKAR MENUKAR dan PENYIMPANAN NILAI
oleh: 
Ratna Suminar
gambar: jenis uang yang berelaku di Indonesia

Mata Uang negara Indonesia adalah Rupiah, uang Rupiah biasanya di gunakan untuk membeli dan menukar suatu barang ( TRANSAKSI).

Dalam pembelajaran ips MI/SD, ada materi tentang uang, terdapat uang kertas. Loga, kartMal dan uang giral. Uang bisa di artikan sebagai alat tukar menukar. Alat tukar menukar itu bisa berupa benda lainnya yang bisa di terima oleh penukar barang/jasa.
Selain alat untuk tukar menukar, Uang juga bisa di gunakan untuk membeli sesuatu (barang ataupun makanan), di mulai dari uang yang bernilai Rp. 100.00,- bisa di gunakan untuk membeli kebutuhan masak atau pelengkap bumbu  masakan, misalkan Pecsin , dengan uang Rp 10.000.00,-  hingga Ratusan Ribu bisa di gunakan untuk membelikan suatu barang/jasa.
Adanya Uang juga menyedikan alternatif untuk melakukan transaksi daripada barter. Barter adalah alat penukaran benda dengan barang lain, misalkan beras dengan ayam ataupun sebagainya, dengan uang kita bisa membeli apapun tanpa adanya barter.
Selain sebagai alat tukar menukar dan transaksi uang juga sebagai satuan hitung, kenapa ? karena Uang bisa menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa. Contohnya Barang  yang di jualkan bisanya sudah tersedia bandrol dan terdapat hargaserta tipe suatu barang, sebagai satuan hitungan uang sangat berpengaruh pada keancaran pertukaran / transaksi.
Uang juga bisa menjadi penyimpan nilai, maksudnya uang mampu mengalihkan daya beli pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Kita bisa contohkan pada seorang penjual suatu barang/jasa, ketika si penjual mendapatkan uang dari hasil yang di jualnya, maka uang yang ia dapat bisa di simpan untuk modal pada masa yang akan datang.
23.32   Posted by KELOMPOK 8 STAI PG CIAMIS with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Search