Sabtu, 14 Mei 2016



 KEGIATAN KERJASAMA DI SEKOLAH MI PUI CIBADAK
by : Nisa Amaliya
gambar : siswa kelas III MI PUI Cibadak bergotong royong membersihkan kebun sekolah

Sekolah adalah tempat menuntut ilmu. Lingkungan sekolah harus dipelihara, dijaga, dan dirawat keindahannya. Semua warga sekolah yaitu guru, siswa, penjaga sekolah, bahkan masyarakat sekitarpun harus memiliki rasa tanggung jawab dan peduli untuk menjaga lingkungan sekolah.
Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang baik, banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan itu harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh warga sekolah dengan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukannya kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah.
Kerjasama adalah usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Melakukan tindakan bersama orang lain juga dapat disebut dengan kerja sama. Contoh tindakan kerjasama di sekolah antara lain, membersihkan ruangan kelas, belajar kelompok, bekerjasama dalam olahraga, dan bekerja bakti membersihkan lingkungan sekolah agar tetap terjaga keindahannya.
Kerja sama memiliki banyak manfaat, diantara manfaat melakukan kerja sama antara lain seperti terciptanya rasa persatuan dan kebersamaan, meringankan beban pekerjaan sehingga pekerjaan cepat selesai, serta meringankan beban biaya yang ditanggung. Dengan bekerja sama pekerjaan akan menjadi cepat selesai dan tersa ringan seperti yang dikatakan oleh pepatah “ berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.
Dalam bekerja sama setiap orang harus melakukannya dengan senang hati dan tidak terpaksa. Syarat-syarat dalam kerjasama antara lain suka rela atau mau melakukan kerja sama tanpa dipaksa dan harus saling menguntungkan. Dalam kerja sama tidak boleh ada pihak yang merasa dirugikan, semuanya harus merasakan keuntungan dari melakukan kerja sama , semua orang harus mendapat tugasnya yang sesuai dengan kemampuannya sehingga tidak akan ada orang yang merasa dirugikan atau merasa terpaksa dalam melakukan kerjasama.


20.30   Posted by KELOMPOK 8 STAI PG CIAMIS with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Search